oleh

10 Februari, Vaksinasi Nakes Tahap Pertama Selesai

SatuTinta.com, Bengkulu – Upaya menekan angka penyebaran Covid-19, Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui Dinas Kesehatan, menargetkan pelaksanaan vaksinasi tahap pertama bagi Tenaga Kesehatan (Nakes) se Provinsi Bengkulu, hingga 10 Februari 2021 rampung 100 persen.

Terlebih kebijakan pemerintah pusat melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI menyatakan, jika persentase pelaksanaan vaksinasi tercapai minimal 60 persen, maka daerah akan mendapatkan Dana Insentif Daerah (DID).

“Jadi ini kita terus berupaya. Kalau untuk nakes Kota Bengkulu, Bengkulu Tengah dan Seluma itu sudah dilaksanakan tahap pertama. Sementara untuk 7 kabupaten lain masih dalam tahap distribusi,” jelas Hamka Sabri usai mengikuti Rapat Rutin Koordinasi Monitoring Pelaksanaan Vaksin Covid-19 via Virtual Meeting, di Ruang VIP Pola Provinsi Bengkulu, Selasa (02/02/2021).

Lebih lanjut dikatakan Hamka, dari target vaksinasi nakes tahap pertama se-provinsi Bengkulu 100 persen pada 10 Februari nanti, maka akan dilanjutkan vaksinasi terhadap petugas pelayanan publik serta masyarakat, sesuai dengan kebijakan pemerintah pusat.

Disampaikan Mendagri RI Tito Karnavian, untuk percepatan pelaksanaan vaksinasi ini, Kemendagri dan Kemenkes juga telah menetapkan regulasi, salah satunya meminta kepada pihak Puskesmas dan Pemda setempat menyiapkan tempat vaksinasi lainnya, jika kapasitas tempat vaksinasi tidak memungkinkan.

“Sehingga jika memungkinkan juga dilaksanakan vaksinasi mobile ke daerah-daerah tententu. Tentunya dari Dinkes setempat berkoordinasi dengan perangkat desa,” jelas Tito Karnavian via Virtual Meeting.

Data Kemenkes RI menyebutkan, hingga 1 Februari 2021, jumlah orang di Indonesia yang telah menerima vaksinasi Covid-19 sebanyak 634.195 jiwa. Di mana dosis pertama kepada 585.931 orang, dosis kedua kepada 48.264 orang, dengan rata-rata harian jumlah suntikan dosis pertama dan kedua dalam seminggu terakhir sebanyak 58.997 dosis per suntikan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed