oleh

Besok, Rohidin – Rosjonsyah Dilantik

SatuTinta.com, Bengkulu – Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih Rohidin Mersyah – Rosjonsyah akan dilantik 25 Februari 2021. Hal ini disampaikan dalam Rakor Pemantapan Pelaksaan Pelantikan Bupati/Wakil Bupati, Walikota/Wakil Walikota Terpilih Hasil Pilkada Serentak 2020, bersama Ditjen Otda Kemendagri, Rabu (24/2/2021).

Sekdaprov Bengkulu, Hamka Sabri yang langsung mengikuti Rakor virtual di Gedung Pola Provinsi Bengkulu membenarkan hal tersebut.

“Tadi kita dengar bersama untuk pelantikan 3 gubernur/wakil gubernur terpilih termasuk Bengkulu kemungkinan besar akan dilantik besok oleh presiden. Kita diminta untuk menghubungi gubernur/wakil gubernur terpilih agar segera berangkat sore ini,” terang Hamka.

Sebelumnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu telah menetapkan pasangan Rohidin-Rosjonsyah sebagai pemenang pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Bengkulu yang digelar Desember 2020 lalu.

Keputusan KPU tersebut dituangkan dalam Berita Acara pada Rapat Pleno Terbuka KPU Provinsi Bengkulu Nomor 291/PL.02.7-BA/17/Prov/II/2021 tentang Penetapan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu Tahun 2020, di salah satu Hotel berbintang Kota Bengkulu, Kamis (18/2/2021).

Dalam Berita Acara Rapat Pleno KPU Provinsi Bengkulu Nomor 291/PL.02.7-BA/17/Prov/II/2021 disebutkan, bahwa KPU Provinsi Bengkulu melaksanakan Rapat Pleno Terbuka dengan keputusan menetapkan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu terpilih dalam Pilkada serentak Tahun 2020 adalah pasangan dengan perolehan suara terbanyak.

“Yaitu pasangan dengan nomor urut 2 (dua) atas nama Dr. H. Rohidin Mersyah dan Dr. E. H. Rosjonsyah dengan perolehan suara sebanyak 418. 080 suara dengan presentase 41, 20 persen dari total suara sah,” sebut Ketua KPU Provinsi Bengkulu Irwan Saputra, membacakan Berita Acara Rapat Pleno Penetapan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih, Kamis (18/2/2021).

Setelah ditetapkan melalui rapat pleno, KPU akan menyampaikan hasilnya kepada DPRD Provinsi agar segera diusulkan pelantikan.

“Alhamdulillah setelah melalui proses yang cukup panjang, pleno penetapan ini merupakan rangkaian akhir Pilgub Bengkulu 2020. Hasil ini akan langsung kita laporkan kepada legislatif agar pelantikan segera diusulkan,” kata Ketua KPU Provinsi Bengkulu, Irwan Saputra.

Pleno penetapan pemenang Pilgub ini dihadiri oleh Wakil Gubernur terpilih, Rosjonsyah, Ketua Bawaslu Provinsi Bengkulu, unsur forkopimda, serta komisioner kabupaten/kota se-Provinsi Bengkulu.

Lebih lanjut, Irwan mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Provinsi Bengkulu yang telah berpartisipasi aktif dalam menyuseskan pesta demokrasi hingga terlaksana dengan baik.

“Partisipasi pemilih kita berada di angka 77,73 persen, melampaui target secara nasional. Oleh karena itu kami mengucapkan terimakasih atas partisipasi dan bantuan masyarakat sehingga proses ini berjalan sampai hari ini,” tutupnya. [MM]

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed