oleh

Ini Tiga Kandidat Calon Rektor UNIB

BENGKULU – SENAT Universitas Bengkulu telah menetapkan 3 Calon Rektor UNIB Periode 2021-2025 yang akan dipilih oleh Senat bersama dengan Mendikbudristek tanggal 20 September 2021 nanti. Penetapan 3 calon ini berdasarkan hasil pemilihan penyaringan yang dilaksanakan secara demokratis di hall gedung rektorat UNIB, kemarin (4/8/2021).
Ketiga Calon Rektor tersebut adalah Balon Nomor Urut 1 Ir. Fahrurrozi, M.Sc, Ph.D, Balon Nomor 4 Prof. Dr. Lizar Alfansi, SE, M.B.A, Ph.D, dan Balon Nomor 5 Dr. Retno Agustina Ekaputri, SE, M.Sc
Pemilihan dalam tahap Penyaringan ini dilaksanakan secara gabungan dalam jaringan (daring) luar jaringan (luring). Secara daring dilaksanakan menggunakan aplikasi Zoom dan menggunakan program yang telah disediakan sesuai dengan peraturan tata cara pemilihan. Anggota senat yang memilih secara online sebanyak 9 orang dari 38 anggota senat atau pemilih.
Secara luring, dilaksanakan secara konvensional menggunakan kertas suara dan pencoblosan di bilik suara yang telah disediakan. Cara ini diikuti 29 anggota senat/pemilih yang dibagi tiga sesi untuk menghindari kerumunan. Setiap anggota senat yang datang untuk memilih harus menerapkan protokol kesehatan Pandemi Covid-19 secara ketat. Setelah mencoblos, langsung meninggalkan tempat pemilihan.
“Karena masih masa Pandemi Covid-19, pemilihan kita lakukan dengan menggabungkan sistem daring dan luring. Bahkan untuk yang luring atau konvensional, kita bagi lagi dalam tiga sesi untuk menghindari kerumunan. Setiap anggota senat yang datang harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan setelah selesai mencoblos langsung pulang atau meninggalkan tempat pemilihan ini,” ujar Ketua Senat Universitas Bengkulu, Prof. Safnil, didampingi Ketua Panitia Pemilihan Rektor 2021-2025 Dr. Yulian Fauzi.

Pemilihan tahap penyaringan ini diikuti 5 Balon Rektor UNIB 2021-2025 yang sehari sebelumnya telah memaparkan visi, misi dan program kerja di hadapan rapat senat dan panelis. Kelima Balon tersebut adalah Nomor Urut 1 Ir. Fahrurrozi, M.Sc, Ph.D, Nomor Urut 2 Prof. Dr. Herlambang, SH, MH, Nomor Urut 3 Prof. Dr. Ifran Gustian, S.Si, M.Si, Nomor Urut 4 Prof. Dr. Lizar Alfansi, SE, M.B.A, Ph.D, dan Nomor Urut 5 Dr. Retno Agustina Ekaputri, SE, M.Sc. Dari kelima Balon Rektor itu, empat diantaranya memiliki hak pilih dan telah melakukan pemilihan karena merupakan anggota senat universitas.
Setelah proses pemilihan daring dan luring selesai, sekira pukul 12.00 siang, panitia menghitung ulang jumlah suara yang telah memilih dan totalnya 38 orang, sesuai dengan jumlah anggota Senat Universitas Bengkulu.
Berdasarkan penghitungan perolehan suara, Balon Nomor 1 Ir. Fahrurrozi, M.Sc, Ph.D meraih suara terbanyak dengan mengantongi 13 suara, disusul terbanyak kedua Balon Nomor 5 Dr. Retno Agustina Ekaputri yang mendapat 11 suara, terbanyak ketiga Balon Nomor 4 Prof. Lizar Alfansi yang mendapat 10 suara. Sedangkan Balon Nomor 2 Prof. Herlambang hanya mengantongi 3 suara dan Prof. Irfan Gustian mendapat 1 suara.

“Berdasarkan hasil pemilihan yang demokratis ini, maka kita Senat Universitas Bengkulu menetapkan 3 orang Calon Rektor UNIB 2021-2025, yaitu Ir. Fahrurrozi, M.Sc, Ph.D, Dr. Retno Agustina Eka Putri, SE, M.Sc dan Prof. Lizar Alfansi, SE, M.B.A, Ph.D,” ujar Ketua Senat Prof. Safnil seraya mengetuk palu rapat.
Selanjutnya kata Prof. Safnil, Panitia Pemilihan Rektor akan melakukan pengantaran Riwayat Hidup dan Rencana Program Kerja Calon Rektor ke Kemendikbudristek yang dijadwalkan tanggal 9 Agustus 2021. Kemudian, Senat bersama Kemendikbudristek akan melakukan pemilihan rektor pada tanggal 20 September 2021. Rektor UNIB 2021-2025 terpilih nantinya dijadwalkan akan dilantik tanggal 3 Oktober 2021. Pelantikan rektor baru itu nanti untuk menggantikan Rektor UNIB saat ini Prof. Dr. Ridwan Nurazi, SE, M.Sc, Ak yang akan mengakhiri masa jabatannya. (rls)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed