oleh

Bangun Infrastruktur Bengkulu Jangan Lupakan Jalan Khusus Perkebunan


BENGKULU – Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-76 yang jatuh pada 17 Agustus 2021 mendatang, berbagai aspirasi masyarakat daerah diserap untuk disampaikan kepada pemangku kebijakan terkait untuk dipecahkan melalui berbagai kebijakan.

Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Hj Riri Damayanti John Latief menuturkan, setelah 76 tahun merdeka, sejumlah infrastruktur di Bengkulu masih perlu diperhatikan untuk mewujudkan masyarakat yang tangguh dan tumbuh.

“Sampai saat ini masih banyak infrastruktur yang perlu dibenahi agar masyarakat Bengkulu bisa merayakan kemerdekaan tahun ini dengan kebahagiaan mulai dari soal jembatan hingga kebutuhan untuk bedah rumah tak layak huni,” kata Hj Riri Damayanti John Latief, Kamis (12/8/2021).

Jembatan di Bengkulu, lanjut Alumni Magister Manajemen Universitas Bengkulu ini, tidak sedikit yang dilaporkan dalam keadaan rusak ringan hingga rusak berat yang memerlukan pemeliharaan dan pembangunan agar tidak sampai amblas hingga menimbulkan korban jiwa.

“Begitu juga dengan tanggul sungai untuk mencegah banjir. Ini akan saya sampaikan kepada Kementerian PUPR. Mencegah banjir di Bengkulu adalah skala prioritas karena banjir yang sudah-sudah membuktikan telah banyak korban jiwa dan harta benda,” ungkap Hj Riri Damayanti John Latief.

Wakil Bendahara III Ikatan Keluarga Seluma, Manna, Kaur (SEMAKU) ini juga menyampaikan pentingnya Pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Bengkulu Tengah, Kota Bengkulu dan Seluma (Benteng Kobema) diperluas ke kabupaten lain.

“Pembangunan Baru SPAM Jaringan Perpipaan juga dibutuhkan warga Bengkulu Selatan dan Kepahiang. Hal ini membuktikan pekerjaan rumah untuk menyediakan akses air bersih dan layak konsumsi bagi rakyat di Bengkulu belum tuntas,” papar Hj Riri Damayanti John Latief.

Guna mengembalikan perekonomian Bengkulu akibat pandemi covid-19, Srikandi Himpunan Pengusaha Muda (HIPMI) ini melanjutkan, perbaikan dan pembangunan infrastruktur jalan terutama di Kota Bengkulu perlu menjadi perhatian khusus.

“Jangan sampai jalan rusak ini sampai menimbulkan lebih banyak kecelakaan dan kematian. Jalan tol sedang dibangun dan ini bagus, namun perlu disempurnakan dengan pembangunan jalan khusus untuk perkebunan dan pertambangan agar tidak bercampur dengan jalan yang digunakan oleh warga biasa,” tutur Hj Riri Damayanti John Latief.

Kakak Pembina Duta Generasi Berencana (GenRe) BKKBN Provinsi Bengkulu ini menambahkan, warga Bengkulu juga berharap ditingkatkannya program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) mengingat masih begitu banyaknya warga yang belum menerima manfaat program ini.

“Salah satu desa di Seluma bahkan belum bisa mengakomodir hampir ratusan warganya yang tinggal di rumah tak layak huni. Padahal sudah ada beberapa warganya yang dapat. Ini picu kecemburuan sosial. Kasihan kepala desanya dituntut warga. Saya kira pusat harus jadikan ini sebagai bahan perhatian,” demikian Hj Riri Damayanti John Latief.

Dalam rangka perayaan HUT RI ke-76 Kementerian Dalam Negeri mengadakan kegiatan Parade Budaya Nusantara Perlombaan Tiktok Prokes dengan melibatkan seluruh pemerintah daerah untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Penyelenggaraan Parade Budaya Nusantara akan dilakukan via Virtual Zoom pada tanggal 18 Agustus 2021 pukul 13.00 WIB yang akan diisi juga dengan peluncuran lagu Mars Wawasan Kebangsaan dan penampitan yel-yel dari 34 Provinsi. (07)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed