oleh

Menkes: Selama Libur Patuhi Protokol Kesehatan

SatuTinta.com, Jakarta – Pemerintah mencatat ada 67.464 orang suspek terkait Covid-19 di Indonesia pada Jumat (25/12/2020) pukul 12.00 WIB. Angka tersebut diperoleh dari data yang dirilis Satuan Tugas Penanganan Covid-19 pada Jumat sore.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meminta kepada masyarakat agar tetap berada di rumah selama libur Natal dan Tahun Baru 2021. Hal tersebut mengingat angka positif kian bertambah.

“Agar kita tetap mematuhi protokol kesehatan dan usahakan tetap tinggal di rumah, memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak,” kata Budi dikutip dari Kompas.com, Jakarta, Jumat (25/12/2020).

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Menkes Dante Saksono Harbuwono mengamini bahwa protokol kesehatan berupa 3M merupakan kunci untuk mencegah penularan Covid-19.

Di lain sisi, Dante mengatakan pemerintah telah bersiap jika ada lonjakan kasus Covid-19 setelah masa libur akhir tahun ini. Pemerintah berupaya agar lonjakan kasus positif Covid-19 tidak diiringi dengan kenaikan kasus kematian.

“Mungkin lonjakan kasus tidak bisa dihindari, pasti akan ada,” ujarnya.

Karena itu, Dante mengatakan pemerintah terus memantau kecukupan ketersediaan obat-obatan, fasilitas kesehatan, dan tenaga medis di rumah sakit.

“Agar tidak makin meningkat, maka kami melakukan kunjungan yang efektif hari ini sehingga semua ketersediaan obat-obatan, fasilitas kesehatan, dan tenaga medis tercukupi,” ucap Dante. [MM]

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed