oleh

Perkuat SDM, Senator Riri Optimis Bengkulu Maju

SatuTinta.com, Bengkulu – Kondisi ketidakpastian global dan nasional yang dipicu oleh pandemi covid-19, cuaca ekstrem dan berbagai faktor lainnya membuat berbagai daerah di Indonesia mesti mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) terbaik yang mampu merespon berbagai tantangan terkini.

Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Hj Riri Damayanti John Latief mengutarakan, Bengkulu akan mampu melewati berbagai tantangan terkini dan menjadi salah satu daerah dengan ekonomi yang kuat tahun 2022 bilamana pembangunan infrastruktur dan sumber daya manusianya dipersiapkan dengan baik.

“Dari banyak data, bukan hanya Bengkulu, Indonesia secara umum sumber daya manusianya masih lemah. Kondisi ini diperparah dengan hoaks yang banyak beredar diantara tsunami informasi di media sosial. Ini penting disadari agar bisa segera diperbaiki,” kata Hj Riri Damayanti John Latief, Senin (10/1/2022).

Alumni Magister Manajemen Universitas Bengkulu ini menuturkan, setiap pelaku usaha dan pemerintah daerah mesti menyadari bahwa dalam beberapa tahun ke depan, berbagai macam profesi akan mulai tergantikan dengan perkembangan teknologi.

“Saran saya, sebelum merekrut tenaga kerja baru, perhatikan apakah mereka kreatif dan bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman terkini. Termasuk di pemerintahan, jangan sampai merekrut pekerja yang lamban, tertutup, tidak paham teknologi dan birokratis,” tandas Hj Riri Damayanti John Latief.

Wakil Ketua Umum BPD HIPMI Provinsi Bengkulu ini menuturkan, ia telah mencermati sejumlah riset bahwa pada 2030 berbagai lembaga dan organisasi di dunia akan mengalami kekurangan tenaga kerja terampil sehingga memicu kerugian massal.

“Perkembangan teknologi digital akan berjalan dengan sangat cepat sehingga semua lembaga dan organisasi butuh tenaga kerja yang juga mampu terus berkembang. Jadi mulai sekarang, semua harus mempersiapkan diri dan melatih kembali tenaga kerjanya yang ada agar mampu tetap menjalakan kelangsungan dan keberlanjutan lembaga atau organisasinya di masa mendatang,” sampai Hj Riri Damayanti John Latief.

Wakil Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Komite Pemuda Nasional Indonesia (DPP KNPI) ini memberikan apresiasi kepada Kementerian Ketenagakerjaan yang akan membangun Balai Pelatihan Kerja (BLK) untuk peningkatkan SDM terutama SDM terampil di Bengkulu.

“Mudah-mudahan bisa segera dibangun dan beroperasi sehingga bisa mengakomodir mereka yang hari ini masih menganggur. Apalagi yang saya dengar kata ibu menteri BLK yang akan dibangun di Bengkulu ini bukan cuma tingkat nasional, tapi juga berdaya saing di tingkat global,” demikian Hj Riri Damayanti John Latief. [**]

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 comment

News Feed